pas sahur tadi, isenk-isenk gw OL dan buka blognya o-om, ternyata si om lagi nulis tentang Google Chrome..

... Google Chrome merupakan browser yang dibuat dengan desain praktis agar Anda dapat mengakses Web dengan lebih cepat, mudah, dan aman. ...

ok.. that's nice...

pas gw liat halaman utama Google Chrome (berikutnya gw singkat GC), gw lagi make LiveCD Ubuntu 8.04, coz laptop gw lagi dibawa abang gw ke IPB, dan komputer Pentium II gw lemot banget kalo dipakein Window$...

oke.. lanjut ke cerita.. gw reboot dan pindah ke Window$, dan gw buka halaman utama GC, langsung gw download Google Chrome.. setelah menyetujui EULA-nya, kita akan disajikan satu file untuk kita download..

pas gw liat ukuran file-nya, kaget juga.. cuman 474 KB.. waduh..

setelah selesai didownload, dan gw buka, ternyata Installernya akan mendownload Program Google Chrome yang sebenernya *mirip cara nginstall Windows Live Writer


waktu yang diperlukan untuk mendownload GC menggunakan speedy abal gw kurang lebih 3 menit.. setelah selesai men-download, program Google Chrome akan otomatis terinstall..


setelah selesai, seperti program-program yang lain, kita akan diberikan konfigurasi awal yang kita inginkan.. aturlah sesuai kebutuhan anda..

udah gak sabar liat Google Chrome... !? kasih dahhh...
berikut tampilan awal Google Chrome setelah beberapa kali gw pake...


mirip speed dial nya Opera ya ? kesan pertama yang gw dapet pas pertama kali buka Google Chrome adalah... tampilannya yang simpel banget banget banget...

baris pertama berisi tab-tab yang sudah kita buka beserta tombol untuk membuka tab baru, dan tombol-tombol standar yang terdapat dalam aplikasi, apalagi kalau bukan MMC !? minimize, maximize, dan close

baris kedua... hhmm.. cuman ada tombol back, forward, refresh, bookmark, ada adress bar, tombol go/stop, dannnnn... ini yang paling unik..


itu adalah menu bar nya ! cuman ada 2 tombol imut yang cute abis *lebay dahh*

yang kertas isinya menu-menu kalo kita pengen buka tab/jendela baru, buat pintasan aplikasi *coba sendiri deh fitur ini... *, potong (cut), salin (copy), tempel (paste), nyari di halaman (search), simpan halaman, cetak halaman, zoom teks, unicode, pengembang (buat yang mau ngotak-ngatik halaman, kudu nyoba fitur yang ada di menu pengembang), dan menu untuk melaporkan masalah atau lebih kerennya disebut sebagai bug

kalo yang obeng isinya menu.. untuk selalu menampilkan bar bookmark atau tidak, riwayat, unduhan, hapus data-data saat kita browsing (cookie, history, dsb.), impor settingan dari browser lain, pilihan (options), about Google Chrome, bantuan, dan tombol untuk keluar..

adduuhh.. bingung nih gw kalo istilah komputer di-Indonesia-in.. jadinya aneh-aneh..


tuh kan..

kalo mau yang versi Bahasa Inggris, klik link ini aja http://www.google.com/chrome/?hl=en

oke langsung ke kelebihan dan kekurangannya ya... gw bandingan Google Chrome ini sama Opera 9.5 yang ada di koputer desktop Pentium II gw.. kalo Firefox gw rasa belom ada tandingannya *bilang aja gak kuat di pentium II, hehe* , dan IE.. hhmm.. IE... giiitttuuu dahhh...

Kelebihan :
  • browsingnya lebih kenceng
  • tampilannya lebih simpel, bagus buat ngajarin anak TK nge-browsing *ini pujian lho..*
  • dibandingin opera, GC lebih ringan dijalankan di Pentium II gw
  • sudah Flash-integrated, langsung bisa nonton Youtube
  • bisa menjalankan myQsmileys

Kekurangan :
  • gak ada indikator bar saat suatu halaman sedang di-load
  • memakan space di harddisk lebih besar dari Opera, totalnya 46.4 MB

walaupun secara kualitatif gw bilang kalo GC lebih ringan dari Opera, hasil yang gw peroleh dari pengukuran kuantitatif berbeda.. *bahasa sok ilmiah, haha*


nah lho...

itu adalah keadaan saat gw buka 1 tab kosong, blog gw, o-om.com, sama rumahblogger di Google Chrome. liat perbandingannya dengan Opera !

satu tulisan chrome di atas mungkin mewakili 1 tab yang gw buka.. tapi gw juga bingung.. pas gw lagi nulis postingan ini, gw lagi buka 9 tab, dan hasilnya terdapat cuman ada 6 chrome di prosesnya..

ya sudahlah.. segitu aja review nyoba-nyoba singkat Google Chrome dari gw.. FYI, sekarang Google Chrome masih beta lho.. kita tunggu aja versi Final nya.. mudah-mudahan lebih keren dari yang sekarang...

oiyya.. selamat menjalankan ibadah puasa..
have a nice day...

20 comments:

  1. Blogspot republik said...

    First.... Nice posting... Google chrome, barang baru ya ??

  2. Anonymous said...

    wah langsung dicobain ya..gimana hasilnya mantap pastingya :D

  3. Anonymous said...

    Wuih, review yang bagus!
    Nice, nice...

  4. ujan said...

    #mymoen
    iya nih.. barang baru.. mantebh lho.. buruan sedot dulu sana.. :P

    #OOM
    iya nih om.. untung pagi2 baca postingannya om.. :D

    #adhi
    itu mah buka review kang.. isenk2 doank.. hehe

  5. Anonymous said...

    @ ujan:
    hehe, iseng2 yang berkualitas!

  6. ujan said...

    lagi puasan kang.. jangan ngawur kemana-mana.. :P

  7. Anonymous said...

    Emang mantab sih.. cuma belom masuk List totaly securitynya.. jadi make Fx ajah.. he..he..

  8. Anonymous said...

    eh, gue donlod dulu dehh

  9. Anonymous said...

    dah gue coba

    kesannya emang simple banget, gue suka.

    tapi lebih lemot dibanding mozila

  10. Anonymous said...

    ulasan yang luar biasa Jan!
    sayang sekarang masi belom bisa donlod :(

  11. Anonymous said...

    eh ada yg kelewat.. gmana urusuan menampikan leot-nya ?? .. blog qu berantakan ngga yach

  12. ujan said...

    # masenchipz
    kalo punya duit maya banyak kayak antum ya.. gak sembarang pake kan.. :P

    # sippa
    lemot dalam hal apa nih ? kecepatan browsingnya ya ?? :)

    # Syahuri
    luar biasa = ancur
    hahahaha
    kenapa gak bisa donlot kang ?

    # jaloee
    gak kok.. tampilannya normal kayak firefox..
    *berarti browser lain gak normal ya ?! ehehe*

  13. Anonymous said...

    iyaa , masih cepeten mozila.

    update nya mana nihh

  14. Blogspot republik said...

    ya elah.. gara2 ujan, gua paxa beteduh di sini lagi.. :D

  15. ujan said...

    # sippa
    udah ada tuh.. ;)

    # mymoen
    hahaha.. sering-sering ujan aja dahhh.. :D

  16. yoxx said...

    kayanya pantas dapat bintang 4 ni...

  17. ARA said...

    :kedip:
    siip, google chrome emang udah melampaui IE! wakakak, kyknya microsoft harus puter otak lagi neehh!!!

  18. Anonymous said...

    saya mau coba juga ding?
    thenks infonya ....

  19. Unknown said...

    gwa udah nyoba yang ini bagus memang
    byme http://insitelink.com

  20. Toko Herbal said...

    sippp gan infonya....


Post a Comment

thx yaakk.. :norak:


Blogger Template by Blogcrowds


Copyright 2008 | Blogger Templates by GeckoandFly modified and converted to Blogger by Blogcrowds.

Distributed by Blogger Templates